Sejarah singkat Lega Paket

Leuwigajah Paket merupakan produk layanan transportasi barang di bawah manajemen PT. Leuwigajah. PT. Leuwigajah didirikan di Bandung pada 4 Januari 1988 dan merupakan salah satu kelompok usaha Kramat Djati group. Leuwigajah Paket memulai kegiatannya memberikan layanan jasa transportasi barang pada tahun 1993 dengan No. izin pengusahaan No. 356 / SIUJT / DIRJEN / 1993 kemudian pada tanggal 26 Februari 1998 diperbaharui menjadi No. 356 / SIPJT / DIRJEN / 1998 yang disahkan di Jakarta oleh Direktorat Jendral Pos dan Telekomunikasi.

Pada awalnya pengiriman antar kota dilakukan dengan memanfaatkan ruang bagasi Bis Malam Cepat Kramat Djati. Kepercayaan, kepuasan dan permintaan konsumen yang semakin meningkat, serta dukungan dari seluruh agen dan karyawan, Leuwigajah Paket mulai secara kontiniu mengembangkan kualitas, kuantitas produk dan jumlah kapasitas yang diperlukan oleh konsumen. Untuk memenuhi permintaan tersebut sejak tahun 1999, Leuwigajah Paket mulai mengoperasikan armada khusus untuk melayani kegiatan transportasi antar kota secara reguler. Selain menyediakan produk jasa transportasi barang, Leuwiajah Paket juga mengembangkan dan menyediakan produk pendukung, antara lain :

  • Pelayanan paking
  • Material paking
  • Pelayanan penjemputan & pengantaran
  • Produk asuransi

Pada tahun 2010 manajemen PT. Leuwigajah merubah nama Leuwigajah Paket menjadi Lega dan secara resmi terdaftar di Kementrian Hukum dan Has Asasi Manusia Republik Indonesia pada 25 Oktober 2011. Terhitung mulai bulan Juni 2011 PT. Leuwigajah melakukan kerjasama dengan perusahaan cargo udara untuk memasarkan produk transportasi barang melalui udara. Langkah ini kami lakukan untuk menambah kota tujuan yang selama ini tidak dapat kami layani secara langsung oleh jaringan Lega Paket. Selain bekerja sama dengan perusahaan cargo udara, PT. Leuwigajah juga melakukan kerjasama dengan perusahaan cargo laut sejak Nopember 2016.

Pada tanggal 26 September 2016, Kementrian Komunikasi & Informatika memberikan Surat Izin Penyelenggaraan Pos : 1673 tahun 2016 kepada PT. Leuwigajah dan merupakan pengganti SIUPJT No. 356 / SIPJT / Dirjen / 1998. Sebagai perwujudan kepedulian PT. Leuwigajah akan perkembangan bidang jasa layanan transportasi barang, dan untuk menjalin hubungan dengan perusahaan jasa titipan lainnya, PT. Leuwigajah juga berperan aktif dalam Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia / ASPERINDO sejak tanggal 2 Januari 1996.

Sampai saat ini, Lega Paket memiliki kapasitas daya angkut sebesar 100 ton perhari, dengan tujuan kota-kota di pulau Sumatra, Jawa dan Bali.